Lala Bohang

hanyalah perempuan biasa yang dilahirkan oleh ibu luar biasa, memiliki 3 adik maha dahsyat serta Opa Oma yang saya sayangi, keluarga besar yang tinggal berjauhan tapi amat dekat di hati, dikelilingi oleh teman-teman yang hebat, dan sampai saat ini (Alhamdulillah) memiliki kehidupan yang menyenangkan.

Jenis manusia ada dua, yang memiliki banyak talenta dan yang memiliki banyak kemauan. Saya adalah jenis yang kedua. Sejak TK saya doyan mencorat coret, di kertas-kertas bekas kepunyaan almarhum Papa atau di buku catatan pengeluaran sehari-hari kepunyaan Mama. Sampai duduk di bangku SD saya terus menggambar, menggambar seperti nafas. Rutin saya lakukan setiap pulang sekolah bahkan sebelum saya sempat mengganti baju dan mencuci kaki.

Masuk ke dunia SMP saya pun berkenalan dengan pelajaran mengarang yang membuat saya kepincut dengan kegiatan menulis dan berselingkuh dari gambar-menggambar. Saya masih ingat tugas mengarang pertama saya yang berjudul Rina dan Rini, ceritanya tentang dua orang anak kembar dengan kepribadian yang bertolak belakang klise memang, saya menulis Rina dan Rini karena suka setengah mati dengan serial buku Sweet Valley Twins yang bercerita tentang si kembar Elizabeth dan Jessica Wakefield.

Setelah itu, dimulailah petualangan saya sebagai manusia yang memiliki banyak kemauan.

  • Membaca puisi: Ini murni keinginan guru Bahasa Indonesia saya, dan sejujurnya lomba baca puisi yang membuat lutut saya selalu bergetar itu cukup membekas buruk.
  • Ballet dan modern dance (yes, you can laugh now): Awalnya ini keinginan Mama saya agar tubuh saya sehat (dan berbentuk seperti perempuan beneran), tapi sungguh menari adalah olahraga yang paling menyenangkan buktinya saya betah menari selama 3 tahun penuh.
  • Bermain gitar: Memaksa teman SMA saya yang jagoan gonjreng untuk begadang selama 1 minggu penuh sampai saya bisa dan jari kami berdua kapalan.
  • Bermain drum: Level cupu, setidaknya saya bisa memahami ketukan dan memainkan “Out Of My Head – Fastball” tanpa cela🙂.
  • Bermain teater: Kegiatan yang satu ini sangat GILA bikin ketagihannya.
  • Mabuk organisasi: Terjadi di masa SMU. Teman saya sampai bilang, “Gue aja capek ngeliat lo.”.
  • Yang paling aneh, saya pernah mengikuti pelatihan Paskibraka Kodya Bandung selama 1 minggu penuh hanya karena rasa penasaran dan kasihan kalau teman saya (yang sangat nafsu jadi Paskibraka) mengikuti pelatihan “sadis” itu sendirian, hasilnya kulit saya gosong dan badan menggendut, you won’t believe what they made us eat back then. Setelah itu saya pun berhenti total dari dunia baris-berbaris dengan sistem senioritas yang tidak masuk akal itu.

Kesalahan saya di masa melewati “banyak kemauan” adalah saya berhenti menggambar dan menulis secara konsisten. Saya keasyikan bermain di berbagai wahana seru yang ada di depan mata dan mereka (baca : menggambar dan menulis) hanya menjadi arena rekreasi saya, dikunjungi ketika jenuh datang menyerang. Sekarang ketika sudah mencapai usia dewasa, saya menyadari kalau hanya mereka (baca : menggambar dan menulis) yang bisa membuat saya benar-benar menikmati dan tenggelam dengan apa yang saya kerjakan.

Seperti kata orang bijak, tidak ada kata terlambat untuk segala sesuatunya dan lebih baik memulai daripada tidak sama sekali. Saya pun berdamai dengan diri sendiri dengan melepaskan kemauan saya yang luar biasa banyak itu dan kembali kepada mereka, memulai fokus dan konsisten.

Saat ini saya berusaha memecut diri saya untuk rutin menggambar di sini dan tentu saja menulis di sini. Dua tempat untuk dua cinta yang sama besar. Cukup adil bukan?

Selamat datang dan membaca tulisan kecil saya.

§ 24 Responses to Lala Bohang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Silahturahmi

  • Sering Ditengok

  • Archives

  • Categories

%d bloggers like this: