komik di Rabbit Hole

April 3, 2012 § Leave a comment

Komik Rabbit Hole: Ada kamu yang sedang bahagia di luar sana

Saya sudah lama menonton film Rabbit Hole yang diperankan dengan cukup apik oleh Nicole Kidman dan Aaron Eckhart. Inti ceritanya adalah film Blue Valentine dalam versi jauh lebih dewasa dan karakter yang lebih tenang serta nrimo. Ya, itu semua adalah pengaruh usia dan dorongan alam bawah sadar untuk settle.

Tapi yang paling melekat di pikiran saya bukanlah cerita dari film ini yang membahas tentang kematian putra mereka yang (dianggap) mengakibatkan terjadinya keretakan dalam pernikahan-yang-udah-hampir-basi-istri-bosan-sama-suami-suami-apalagi-mau-cerai-tapi-bingung-juga. Melihat mereka berdua tinggal dalam atap rumah yang sama tapi malah asyik hidup dalam dunia “masing-masing”, sungguh jauh lebih depresi daripada menyaksikan duet Michelle Williams dan Ryan Gosling, dan tentu saja Ryan memang terlalu eye candy untuk membuat saya depresi.

Agar tidak spoiler bagi yang belum menonton, saya akan bercerita dalam sistem berpotongan ngawur berhamburan. Yang sebenarnya lebih karena sudah agak melupakan plotnya.

Adalah tokoh anak kecil nyaris ABG di film ini yang tidak sengaja ‘membunuh’ anak Nicole Kidman dalam sebuah kecelakaan mobil. Singkat cerita, anak ini dan Nicole Kidman menjadi dekat, not in that way of course. Dan di satu scene yang spesifik itu, mereka sedang duduk di atas kursi taman memandang hamparan ilalang yang kuning karena mengering sambil berbagi kesedihan dan membalik lembar demi lembar komik home made berjudul Rabbit Hole. Detik itu juga saya langsung tersihir oleh komik karya si anak ABG yang terinspirasi oleh peristiwa tabrakan tragis hingga mengakibatkan seseorang meninggal (anak Nicole Kidman tadi). Gambar di dalamnya, karya Dash Shaw … luar biasa melankolis dan indah. Seandainya saya memiliki kemampuan dan daya khayal untuk menghasilkan karya seindah itu, begitu sarat makna dan kesan. Dan Alhamdulilah jauh dari kata edgy.

Dalam otak saya yang kecil dan sempit ini, saya masih bisa mengingat anak itu bercerita dalam kalimat terbata-bata bahwa komik yang dia buat bercerita tentang keberadaan dunia lain selain bumi tercinta ini. Bahwa setiap manusia memiliki seorang kembar identik dengan kehidupan nyaris serupa bahkan sama persis di bagian dunia atau semesta yang lain, hanya saja si kembar identik ini jauh lebih … bahagia. Bahwa jika kehidupan kita saat ini sedang tidak terlalu menyenangkan, tidak perlu khawatir karena ada bagian lain dari diri kita yang entah ada di mana sedang merasakan kebahagiaan yang luar biasa.

Konsep yang begitu indah, bukan?

Dan tentu saja pernikahan, kematian, kebahagiaan, dan rasa depresi. Memang tidak terpisahkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading komik di Rabbit Hole at DAUR IMAJI.

meta

%d bloggers like this: