pergerakan "kecil" yang besar

April 20, 2010 § 8 Comments


TWISTED
art exhibition. Nike, Chika, Gita, saya dan Dmaz di depan display karya Emte
(Sumber foto : Nike)

Hari ini bukanlah hari besar saya, karena sudah jelas saya bukan R.A Kartini. Dan kebetulan saya juga tidak sedang berulang tahun seperti adik saya, selamat ulang tahun untuk Kartini Bohang (ya … nama yang klise :)).

Saya juga bukan satu di antara tiga seniman muda yang hari ini berhasil membuat dada saya sesak dengan rasa kagum sekaligus iri.

Tapi hari ini saya benar-benar merasakan kalau pergerakan “kecil” yang dilakukan satu/dua/tiga orang ternyata dapat dilihat dan dirasakan sebagai pergerakan “besar” oleh orang lain. Kekuatan dahsyat itu begitu terasa di hati.

Pergerakan “kecil” ini membawa rasa percaya pada beberapa orang tumbuh dengan suburnya. Cepat atau lambat kita akan menyaksikan kebangkitan pergerakan-pergerakan “kecil” lain yang nantinya akan menjadi sesuatu yang BESAR.

Selama ini mereka kurang terlihat karena selalu dipamerkan dalam kumpulan manusia seni yang luar biasa banyak, nama mereka melebur menjadi satu identitas kelompok dan bukan sebagai seorang individu dengan pandangan dan style masing-masing. Jangan salahkan mantan seniman kota ini yang mungkin terlalu sibuk mengejar karir dan berkesenian hanya untuk mendapatkan persetujuan klien. Hidup di Jakarta itu butuh modal banyak bung! Uang sama krusialnya dengan keberadaan cireng di kota Bandung.

Dan ini juga bukan kesalahan dari seniman kota Bandung dan Yogyakarta yang dengan riang menancapkan taringnya di berbagai penjuru kota di Indonesia. Kerap terdengar kalau mereka ini gila berkarya semata-mata karena hidup di kota-kota dengan atmosfir seni yang kental dan taraf hedonis yang masih jauh di bawah Jakarta.

Atmosfir yang berbeda dan taraf hedonis jangan dijadikan alasan. Mereka hanyalah dua hal penting sebagai pembentuk karakter. Tidak lebih tidak kurang.

Semuanya kembali kepada gerakan itu sendiri, kecil atau besar bukan masalah. Yang penting bergerak, dan meruncingkan kuku masing-masing untuk ditancapkan di negeri sendiri.

Saat ini saya begitu bersemangat, menunggu gerakan-gerakan “kecil” lain yang akan datang. Mungkin dari saya, kamu, kalian atau mereka. Siapapun itu, saya tidak sabar menunggu😀

§ 8 Responses to pergerakan "kecil" yang besar

  • octa says:

    Waaww!! Saya suka tulisan anda Lala! Walaupun gw gak menyaksikan langsung gerakan ketiga orang itu, gw bisa ngebayangin kayak apa perasaan lo. Mungkin sama dengan perasaan waktu kita akhirnya berhasil bikin Love Artually, tapi dengan level yang lebih luas lagi. Gw juga yakin banget kalo pergerakan kecil itu berarti banyak buat orang lain.

    Gw ngambil contoh perjalanan karir The Ramones. Walaupun mereka sampe akhir hayat band dan personilnya cuma mendapatkan sebagian kecil dari popularitas yang mereka harusnya dapetin, mereka bisa menginspirasi banyak banget anak muda dari jamannya sampai jaman sekarang. Bahkan sampai band seperti Sex Pistols dan the Clash.

    Gw setuju, uang memang dibutuhin untuk bertahan hidup, tapi uang gak bisa ngasih orang inspirasi. Terus berkarya ya Lala…

    • Lala Bohang says:

      Akupun suka commentmu! Iya octa, perasaan kagum nyampur ama iri sama terpacu dalam hati “Ayo kamu pun bisa!” *well kira2 seperti itu. Bayangkan saja galnas penuh dengan orang2 u/ melihat karya lo, its amazing!
      Setelah kamu pulang kita wajib bikin exhibition dengan skala yg lebih besar🙂

      The ramones ituh memang rada kesian, nama besar tapi kehidupan mereka tidak se”parah” rockstar sungguhan. mungkin di sini seperti kasus WSATCC. idealisme dan materi memang jarang sejalan neng ocra, tapi mari kita usahakan 2 hal itu bergandengan, seperti kata Yoris idealisme harus mengenal ilmu marketing dan punya “pasar”😀 *teteb

      Kamupun giat berkarya yes!

  • […] book Leave a Comment Tags: black & white illustration, hand drawing Have you seen Twisted art exhibition? Its […]

  • sahala says:

    Tuhan bersama kalian! hajarr trus !

  • Berti Alia says:

    Waah Lala, tulisan kamu baguus! plus memberi gue semangat hari ini. Terima kasih!

  • felix says:

    Wohooo.
    Kata-kata’nya teman. sangat membantu dan memotivasi tuh😀
    hihi
    Sip sip , tidak ada kata terlambat asal punya niat ya.
    Saya akan mencoba melakukan perubahan itu juga =3

Leave a Reply

What’s this?

You are currently reading pergerakan "kecil" yang besar at DAUR IMAJI.

meta

