susah itu pasti, bahagia adalah pilihan

November 25, 2009 § 2 Comments

Bukannya bermaksud menggurui,
Bukannya bermaksud bilang bahwa hidup saya lebih baik atau lebih bahagia

Tapi saat ini saya sedang lelah mendengarkan ‘keluhan’orang lain
Mengeluhkan pekerjaan, mengeluhkan lingkungan, mengeluhkan hidupnya
Bahkan mengeluhkan hal A, B, C, atau D yang sebenarnya tidak pantas dikeluhkan sama sekali …

Kenapa dan apa yang harus dikeluhkan?

Kalau bilang hidupmu susah,
Hidup semua orang juga susah, siapa bilang hidup Bill Gates nggak susah?
Malah mungkin saja tingkat kesusahan hidupnya lebih tinggi daripada pengamen yang selalu menyanyikan lagu ST 12 di pinggir jalan.

Semua orang punya kesusahan masing-masing kawan, janganlah mengganggap hidupmu adalah yang paling susah sehingga kamu merasa berhak menambah kesusahan hidup orang lain dengan memaksa mereka mendengarkan cerita tentang kesusahanmu, yang mungkin saja tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan kesusahan pendengar ceritamu itu.

Perbedaannya satu … kamu mengumbar ceritamu dan dia menyimpannya untuk diselesaikan dengan baik.

Susah itu pasti, bahagia adalah pilihan

Apakah sedemikian sulitnya untuk memahami kalimat ini?

Saya tidak selalu bahagia dan tidak selalu susah,
Saya juga tidak selalu bisa menahan diri untuk tidak menceritakan kesusahan saya kepada orang lain. Kalau memang saya ‘tidak tahan’ dan harus berbagi, maka saya pun berbagi dalam dosis yang (saya usahakan) cukup dan tidak berlebih.

Kalau memang kesusahan itu berulang kembali karena kesalahan saya sendiri rasanya tidak bijak untuk menceritakannya kembali bukan?

Toh itu adalah kesalahanmu sendiri …

Kalau mau dihitung, saya punya banyak sekali ‘kesusahan’ yang sebenarnya akan lebih ringan jika saya berbagi dengan orang lain. Tapi untuk apa? Cuma saya sendiri yang bisa membuat kesusahan saya itu menjadi sebuah pelajaran dan tidak mengganggu kebahagiaan yang saya punya.

Atau mungkin …
Keanehan terletak pada diri saya yang memang ‘tertutup’ ini? Entahlah …

§ 2 Responses to susah itu pasti, bahagia adalah pilihan

  • Mungkin bukan mau mngeluh… cuma ingin ada yang mendengarkan… apalagi kalo masalahnya beneran berat. bukan cm sekedar soal gebetan ato bos yg nyebelin.

  • Lala Bohang says:

    itu dia …
    kesalahan terletak pada diri saya sendiri yang jarang mencari orang untuk ‘mendengarkan’
    jadi kalau ada org yang kebutuhan u/ ‘didengarkan’ tinggi sekali, saya pusing :p

Leave a Reply

What’s this?

You are currently reading susah itu pasti, bahagia adalah pilihan at DAUR IMAJI.

meta

