maintenance

May 18, 2009 § 1 Comment

Semua hal perlu maintenance …

Office building, toilet umum, tumpukan tas di dalam lemari, laptop, Ipod, hubungan bisnis, pohon palem di pinggir jalan, hubungan percintaan, hubungan antar keluarga dan saudara, serta persahabatan.

Maintenance untuk benda-benda mati cenderung mudah, karena step by step maintenance akan selalu sama dan tidak mengalami perubahan. Karena benda-benda mati itu tidak tumbuh dan tidak memiliki grafik emosi yang naik turun, benda-benda mati itu akan memiliki bentuk dan kapasitas yang sama sampai nanti tiba waktunya dia diganti.

Berbeda halnya dengan maintenance benda-benda hidup (baca:binatang dan manusia) mereka terus ‘tumbuh’ mengikuti waktu dan tidak ada satu hal pun yang dapat menghentikan. Binatang mungkin agak sedikit mudah, karena ketika binatang tersebut sudah tumbuh terlalu ‘jauh’ dan membuat kita agak kewalahan, kita masih punya pilihan ingin terus merawat atau membuangnya ke tempat lain. Tidak sama dengan manusia, pertumbuhan emosi dan pola pikir manusia tidak dapat ditebak. Tidak ada satupun yang dapat mengikuti proses tumbuh seorang manusia bahkan manusianya sendiri. Apabila sudah kewalahan kita tetap tidak mungkin membuangnya di area jualan ikan bakar yang paling jauh dari rumah, kita tetap harus menerima dia ‘apa adanya’ (betapa mengintimidasi sekali).

Perlu kesabaran, perlu rasa toleransi yang amat tinggi yang kadang-kadang membuat saya malas untuk melakukan maintenance. Iya saya salah … maintenance itu harus saya lakukan *sigh*.

Mungkin karena itu juga saya agak kecewa apabila ada teman yang saya anggap sebagai teman terbaik saya tapi dia tidak melakukan tindakan maintenance apapun terhadap saya. Apakah itu berarti saya tidak cukup penting bagi dia, atau dia memang tipe orang yang percaya ‘jika teman baik maka selamanya akan menjadi teman baik, kapanpun berjumpa rasanya akan selalu sama’ hm…dia mungkin lupa tahun ini sudah tahun 2009 dimana proses ‘tumbuh’ manusia sudah lebih ngebut daripada tahun-tahun yang lalu. Pertumbuhan dalam waktu 2 bulan saja sudah sangat mencengangkan.

So … try to keep in touch with your VIPs.

Well … ini cuma racauan tidak penting saja.

§ One Response to maintenance

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading maintenance at DAUR IMAJI.

meta

%d bloggers like this: